Cara Mengatasi Atap Agar Tidak Mudah Bocor Dengan Mudah

Cara Mengatasi Atap Agar Tidak Mudah Bocor Dengan Mudah – Indonesia merupakan daerah tropis dengan tingkat curah hujan yang sangat tinggi di setiap tahunnya. Sehingga tidak sedikit hunian yang harus berhadapan dengan kebocoran atap rumah yang sangat mengganggu. Kebocoran atap rumah bukan saja disebabkan karena atap rumah yang sudah tua atau terlalu lama. Tetapi, hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan penataan atau pemasangan atap rumah tersebut.

Dengan beberapa teknik dasar, atap rumah yang bocor sebenarnya bisa diatasi dari semenjak anda membuat hunian. Karena memang pemasangan atap sangatlah berpengaruh terhadap kekuatan dan ketahanan dari curah hujan yang turun. Selain dari itu, material atap juga sangat mempengaruhi. Maka, anda jangan salah pilih material untuk membuat atap rumah anda. Dan yang paling penting adalah desain dari atap tersebut. Desain berikut adalah desain atap yang bisa anda tiru agar tidak mudah bocor saat hujan tiba.

Advertisement

Anda tentu tidak ingin mendapatkan atap yang bocor saat hujan lebat. Apalagi atap yang bocor tersebut tepat pada bagian ruangan penting seperti kamar. Tentu anda tidak akan merasa nyaman dan akan sangat terganggu dengan bocornya atap rumah anda. Selain bocornya atap juga akan merusak langit-langit rumah anda. Untuk itu, artikel ini akan berbagi cara mengatasi atap agar tidak mudah bocor, berikut adalah cara yang bisa anda ikuti:

Cara Mengatasi Atap Agar Tidak Mudah Bocor

  • Penyebab atap bocor

Atap adalah elemen penting dalam suatu rumah, selain melindungi rumah dari cahaya matahari langsung dan hujan yang lebat, atap juga memberikan pengaruh pada desain rumah anda. Karena fungsinya yang sangat vital pada bagian rumah, ia juga memmiliki resiko yang sangat tinggi yaitu kebocoran akibat terlalu sering tertimpa hujan atau hal lainnya. Kebocoran atap tidak hanya disebabkan oleh retaknya asbes atau genteng yang pecah, tetapi juga bisa disebabkan oleh konstruksi yang tidak tepat. Seperti misalnya tingkat kemiringan yang tidak tepat, atau pun karena materialnya tidak tepat.

  • Sudut kemiringan atap yang tepat

Untuk rumah, minimal anda harus memasang atap dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat. Karena dalam sudut tersebut, air bisa dengan mudah mengalir ke bawah, sehingga tidak akan mengganggu kinerja genteng dan tidak membuatnya merembes ke area lain. Kemiringan tersebut juga dipertimbangkan atas bagaimana agar genteng tidak melorot ke bawah saat hujan deras turun, sehingga menyebabkan membuat celah yang bisa mengakibatkan air masuk dengan mudah.

  • Menggunakan cat waterproof

Kebocoran memang tidak hanya terjadi diakibatkan oleh atap yang rusak, tetapi karena bocornya tembok rumah atau bahkan lantai. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut, lebih baika anda menggunakan cat pelapis anti bocor untuk menghindair perembesan air ke dalam rumah sehingga membuat rumah anda lembab.

Baca juga : Model Atap Rumah Minimalis 1 Lantai Modern

Itulah cara mengatasi atap agar tidak mudah bocor dengan mudah dan membuat hunian anda menjadi lebih nyaman dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa anda gunakan sebagai bahan referensi jika terjadi kebocoran pada atap rumah anda.

Cara Mengatasi Atap Agar Tidak Mudah Bocor Dengan Mudah | Iis Nurhayati | 4.5