Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Lap Basah Atau Spons

Anak adalah anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Dengan memiliki anak tentu saja kebahagiaan sebuah keluarga akan bertambah berkali-kali lipat. Mengurus anak memang bukanlah perkara mudah namun anda bisa mulai belajar dari banyak orang ataupun informasi yang saat ini dapat dengan mudah diakses melalui internet. Salah satunya adalah cara memandikan bayi, khususnya bayi yang baru lahir. Perlu cara perawatan yang berbeda dengan balita ataupun batita, karena bayi baru lahir masih sangat rentan, lemah, dan sensitif terhadap dunia luar sehingga perlakuannya harus khusus dan sangat lembut.

Salah satu kegiatan bayi baru lahir yang mungkin masih menjadi momok tersendiri bagi orangtua terutama orangtua baru adalah memandikan bayi. Banyak orang tua baru yang merasa masih kesulitan ketika memandikan bayinya. Sebenarnya ada banyak cara untuk memandikan bayi baru lahir salah satunya dengan menggunakan lap basah atau spons. Memandikan bayi baru lahir langsung dengan menggunakan air yang dirasa tidak cukup aman dan dan berpotensi akan membuat bayi tersebut menangis atau bahkan kedinginan.

Bagi anda yang masih kebingungan bagaimana Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Lap Basah Atau Spons anda tidak perlu khawatir karena saat ini kami akan membagikan giat serta tutorialnya untuk anda. Cara-cara ini dikhususkan pada bayi yang baru lahir dengan tujuan agar memandikan bayi dan membuatnya dalam keadaan bersih namun tetap mengedepankan kenyamanan si anak. Selain itu tutorial ini juga bisa menjadi salah satu media pembelajaran anda sehingga di kemudian hari kegiatan memandikan bayi tidak lagi semenakutkan yang anda bayangkan. Lantas apa saja tutorialnya berikut informasinya hanya untuk anda.

  1. Perhatikan tempat memandikan si anak

Usahakan memandikan bayi didalam ruangan yang cukup luas serta suhu udara ruangan hangat, hal ini untuk menjamin bahwa bayi merasa nyaman dan tidak akan merasa kedinginan apabila bersentuhan dengan air.

  1. Siapkan peralatan yang akan digunakan oleh bayi setelah mandi

Alat-alat tersebut antara lain handuk kering baju bayi minyak telon, minyak kayu putih, baby oil, bedak baik, krim popok dan beberapa perlengkapan yang anda rasa perlu untuk diberikan kepada bayi anda. Hal ini sifatnya kondisional sesuai dengan kebutuhan bayi anda masing-masing.

  1. Peletakan spon maupun lap basah

Letakkan lap basah atau spons yang hangat di atas perut bayi anda ketika mandi, hal ini bertujuan untuk membuat bayi tidak kedinginan selama dimandikan.

  1. Perhatikan spons atau lap mandi yang anda gunakan

Penggunaan lap basah atau spons haruslah benar-benar lembut agar kulit bayi anda tidak merasa sakit. Jangan menggosok kulit bayi terlalu kuat cukup di tekan-tekan berlahan karena pada dasarnya bayi tidak membutuhkan perlakuan yang kasar ketika mandi

  1. Jenis sabun

Gunakan peralatan sabun yang lembut dan ph nya seimbang untuk kulit bayi. Jika perlu gunakan sabun bayi yang memiliki kandungan susu agar kelembaban kulit bayi tetap terjaga dan mencegah iritasi, ruam atau alergi pada kulit bayi anda. Gosok kulit bayi anda secara perlahan dan lembut, kemudian bilas dengan air yang hangat sampai bersih.

  1. Bagian bagian tubuh bayi saat mandi

Periksalah bagian-bagian yang tersembunyi pada bayi anda seperti belakang telinga salah-salah kuku dan jari tangan lipatan siku lipatan leher lipatan paha dan selangkangan serta bagian bawah lengan. Jika perlu gunakanlah basa atau spons tersebut untuk menyeka bagian-bagian kulit bayi yang mungkin terkelupas dan menumpuk di bagian tersebut.

Tutorial Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Bantuan Lap Basah Ataupun Spons di atas mungkin bisa menjadi referensi serta tuntunan anda yang tepat ketika memandikan bayi untuk pertama kalinya. Selain tips-tips tersebut pastikan juga bahwa anda dalam keadaan rileks ataupun santai, karena jika anda berada dalam keadaan yang gugup ataupun stres bayi anda akan mengetahuinya dan membuat bayi akan merasa tidak nyaman ketika ingin dimandikan. Untuk memandikan bayi yang baru lahir tidak perlu berlama-lama karena dikawatirkan bayi akan mengalami kedinginan. Semoga informasi yang baru saja anda baca bisa memberikan manfaat yang maksimal, selamat mencoba

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Lap Basah Atau Spons | Syella | 4.5