Asuransi Mobil All Risk Atau TLO, Baiknya Pilih Mana ?

Saat ini asuransi tidak hanya berkaitan dengan asuransi jiwa semata, ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa kita nikmati manfaat dan perlindungannya. Secara garis besar asuransi mobil dibedakan menjadi dua yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi total loss only atau TLO.

Meningkatnya pengguna asuransi tentu saja berdasarkan atas mulai meningkatnya kesadaran masyarakat khususnya indonesia terhadap resiko atau kemungkinan yang terjadi di jalan raya ketika mengendarai mobil. Apalagi dengan keadaan jalanan indonesia yang memang cukup rawan dan memiliki resiko tinggi terutama kecelakaan baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Sebelum kita membahas tentang kedua jenis asuransi tersebut ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa asuransi mobil itu terbilang penting. Sejalan dengan pencatatan yang dilakukan oleh badan kesehatan dunia atau who kecelakaan yang terjadi di jalan raya atau kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh ketiga terbesar di indonesia setelah penyakit jantung koroner serta tbc. Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas bisa terjadi mulai dari keadaan jalanan yang masih minim penerangan atau jalan berlubang, serta dari aspek pengemudinya itu sendiri yang bisa saja mengantuk atau berkendara tidak sesuai peraturan yang ada.

Mengingat hal itu tentu saja asuransi sangat penting sehingga bisa meminimalkan resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang akan menimbulkan kerugian baik material maupun psikis. Bagi anda yang masih bingung memilih antara asuransi mobil tidak ada salahnya jika anda menyimak informasi yang akan kami bagikan dengan judul Asuransi Mobil All Risk Atau TLO, Baiknya Pilih Mana ? Sehingga anda bisa menentukan jenis asuransi yang cocok dan patut untuk anda pertimbangkan selamat membaca

  1. Perbedaan kedua jenis asuransi ini

Asuransi all risk adalah asuransi yang melindungi 100% bentuk kecelakaan serta kerusakan baik besar maupun kecil dengan kata lain asuransi all risk akan menjamin semua kerusakan yang ada pada kendaraan mobil anda. Baik besar ataupun kecil kendaraan tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sedangkan asuransi mobil total loss only hanya bisa diajukan apabila kerusakan atau kerugian yang anda terima sudah melebihi batas 75% artinya jika anda mengalami kerusakan kecil maka kerusakan tersebut tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

  1. Besaran premi

Dalam poin 1 di sebutkan perbedaan yang signifikan antara kedua asuransi tersebut sudah kita ketahui bahwa asuransi allrisk tentu saja mematok premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi total loss only. Besaran perbedaan antara asuransi all risk dan total loss only dalam bentuk persentase premi yaitu berbeda sekitar 5 sampai 6 kali lipat.

  1. Penggunaan kendaraan

Biasanya banyak yang menggunakan asuransi total loss only untuk pemakaian pribadi atau sebagai bentuk perlindungan terhadap kendaraan mobil dengan harga yang tidak terlalu tinggi ataupun tahun pembuatannya yang cukup lama. Sedangkan untuk asuransi all risk biasanya digunakan pada mobil mobil dengan harga jual yang tinggi atau dalam kondisi yang masih sangat baru asuransi all risk juga biasanya digunakan untuk mobil mobil koleksi atau jenis mobil mobil tertentu.

Setelah mengetahui apa saja kira-kira perbedaan signifikan tentang kedua asuransi tersebut lantas timbul pertanyaan Pilih Asuransi Mobil All Risk Atau Total Loss Only? Jawabannya yaitu sesuai dengan kebutuhan serta kesanggupan anda. Jika harga mobil yang anda miliki tinggi dan biaya sparepart serta servicenya cukup mahal maka ada baiknya anda menggunakan asuransi all risk. Asuransi jenis ini juga sangat cocok digunakan bagi anda para pengusaha rental mobil ataupun kursus mobil karena kedua bisnis ini memang sangat beresiko untuk menyebabkan mobil menjadi lecet ataupun terkena resiko kerusakan lainnya. Namun jika mobil yang anda miliki tidak terlalu sering digunakan untuk di luar ruangan maka anda lebih baik memilih asuransi total loss only yang artinya cost yang anda keluarkan juga tidak banyak dan kecelakaan ataupun resiko kerusakan kendaraan mobil anda masih bisa ditangani oleh diri sendiri. Itulah informasi yang dapat kami bagikan seputar asuransi mobil, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi anda serta pencerahan bagi anda yang masih bingung memilih asuransi mana yang cocok untuk anda. Selamat memilih.

Asuransi Mobil All Risk Atau TLO, Baiknya Pilih Mana ? | Syella | 4.5