8 Desain Rumah Etnik Jawa Modern

Desain Rumah Etnik Jawa Modern – Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, setiap budaya memiliki ciri khas masing-masing, seperti tarian, kesenian, perilaku, hingga desain rumah. Desain rumah di setiap daerah memiliki makna filosofis masing-masing. Rumah etnik, biasanya dibuat tidak sembarangan, ada makna-makna yang ingin dicapai dalam pembuatan rumah tersebut. Rumah etnik juga memberikan nuansa yang lebih klasik dan artistik.

Etnik Jawa adalah salah satu etnis terbesar di Indonesia. Mereka memiliki kebudayaan yang unik dan sangat sarat akan makna filosofis di setiap hal yang mereka buat. Seperti untuk rumah, mereka membuat rumah dengan desain yang khas dengan suasana yang membuat siapa saja yang masuk akan merasa adem dan ayem. Rumah adat Jawa disebut rumah Joglo, rumah Joglo memiliki tampilan yang amat sederhana, namun memiliki sisi kerumitan di dalam hal bahan baku. Dan sekarang, rumah Joglo juga bisa dibuat lebih modern, berikut adalah contoh rumah etnik Jawa desain modern untuk anda:

Advertisement

Contoh Desain Rumah Etnik Jawa Modern

Desain Rumah Etnik Jawa Modern

Jika anda tertarik untuk membuat rumah khas Jawa, karena ingin mempertahankan ciri khas budaya sendiri namun ingin tetap mengikuti gaya rumah modern, anda bisa membuat desain rumah etnik Jawa desain modern yang sekrang sedang booming.  Ada unsur-unsur penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat rumah etnik Jawa, berikut ulasannya:

Bagian Penting Dalam Desain Rumah Etnik Jawa

Dalam membuat desain rumah etnik Jawa, ada bagian-bagian penting yang merupakan ciri khas dari rumah etnik tersebut. Dengan membawa ciri khas tersebut, rumah modern anda akan terlihat lebih artistik dan sangat Jawa.

  • Bagian Pendopo

Orang Jawa dikenal dengan sikap terbuka, ramah dan sopan kepada siapapun. Sehingga rumah yang dibentuk pun merepresentasikan kepribadian mereka. Dimana, di depan rumah selalu ada pendopo. Pendopo adalah ruang terbuka di bagian teras rumah untuk menerima tamu. Biasanya di pendopo tidak disimpan kursi atau meja, hanya tikar yang digelar untuk duduk bersama.

  • Bagian Pringgitan

Bagian selanjutnya yang harus selalu ada dalam rumah adat Jawa adalah Pringgitan. Pringgitan juga merupakan tempat untuk menerima tamu. Tetapi, berbeda dengan pendopo, pringgitan dibuat untuk menerima tamu keluarga dekat. Bagian pringgitan ini juga biasa digunakan untuk acara-acara besar seperti ruwatan, hajatan dan lain sebagainya.

  • Bagian Omah Dalem

Omah dalem adalah rumah bagian dimana keluarga biasa berkumpul. Dan merupakan ruang milik orang rumah, alias ruang pribadi. Tidak sembarang orang boleh masuk ke dalam ruangan tersebut, tanpa izin dari pemilik rumah. Dalam ruangan tersebut, biasanya kamar berada di bagian omah dalem.

Baca juga : Desain Rumah Adat Bali Minimalis

Itulah unsur-unsur penting yang menjadi ciri khas rumah Jawa, Joglo. Jika anda tertarik untuk membuat desain rumah etnik jawa, ana boleh menccobanya dan menerapkan unsur-unsur tersebut pada rumah modern anda. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • contoh gambar teras alami unik tradisional
  • gambar rumah jawa ala moderen
8 Desain Rumah Etnik Jawa Modern | Iis Nurhayati | 4.5